Hobi Airsoftgun – Bagi Yang Suka Game Perang-Perangan

Masa kecil adalah masa yang paling indah.

Yups,memang betul jika masa kecil adalah masa yang paling senang dan gembira. Bagaimana tidak,hari-hari dan waktu Anda hanya diisi oleh berbagai kegiatan yang bersifat “bermain”. Tentunya beda dengan yang sudah bekerja ataupun yang sudah menikah. Tetapi semua ada prioritasnya.
Tapi Bagi Anda yang masa kecilnya suka bermain perang-perangan pasti akan kenal berbagai mainan tembak-tembakan. Salah satunya adalah “pletokan” dari bambu yang diisi dengan kertas, “ketapel” dari kayu kemudian diikatkan dengan karet gelang, atau “Lock On” mainan yang saat itu sangat mahal karena terdapat laser dan ketika disorotkan kepada lawan maka akan berbunyi. Atau mainan tembak-tembakan lainnya yang penulis juga sampai lupa.

Dan ketika sudah besar, ada lagi yang namanya Airsoftgun. Yups, mainan “tembak-tembakan” yang saat ini makin banyak disukai banyak orang, dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Dan kategori usia 18 tahun – 50 tahun (entahlah yang tua-tua ini apakah masa kecilnya memang kurang bahagia atau bagaimana..hehehe).

Airsoftgun itu sendiri sebenarnya merupakan mainan replika dari senjata-senjata nyata. Hanya saja untuk amunisinya di ganti dengan “BB” atau Baby Ball. Mekanisme dari unit mainan ini juga terdiri dari 2 tipe,yaitu AEG – Auto Electric Gun dan GBB – Gas Blow Back. Dan karena ini hanya sebuah permainan, maka kecepatan maksimal BB yang dilontarkan pun hanya sekitar 430 fps (feet per second).

¬†Bermain airsoftgun juga dituntut untuk selalu sportif. Kenapa?karena jika sudah kena maka pemain yang terkena haruslah mengangkat tangan atau teriak “Hit” dan keluar lapangan. Jika salah-salah kena selalu minta maaf saat selesai bermain.

Skirmis Bumi Wiyata, Depok (Code 12)
Unit Airsoftgun M4 CQB
Saya dengan unit M4 CQB

Bermain airsoftgun juga dituntut selalu “safety first”. Karena amunisinya berupa Bb yang berukuran kecil, maka rawan untuk terkena mata. Oleh karena itu para pemain airsoftgun dituntut untuk memakai kacamata atau google sebagai pelindung mata.

Kalau kena sakit ga? Namanya permainan “perang-perangan” pastinya kalau terkena Bb Airsoftgun pasti sakit. Tapi sakitnya juga ga seperti yang Anda bayangkan. Rasa sakitnya palingan seperti terkena sentilan jari.

Saat ini masih banyak berita miring dan negatif terkait dengan Airsoftgun. Banyak media yang menulis dan membesar-besarkan berita terkait penggunaan Airsoftgun untuk kejahatan. Mulai dari penodongan, penembakan atau perampokan. Kesemuanya itu bermula dari oknum atau individual manusianya yang memang otak kriminal yang menggunakan mainan untuk kejahatan.

Tetapi ada juga penjahat yang menggunakan “Airgun” dan ditulis di media menggunakan “Airsoftgun”. Nah, loh Airgun dan Airsoftgun itu sama atau tidak? Jika dilihat dari definisinya maka akan terlihat jelas perbedaannya. Berikut saya kutip dari isi Facebook Panglima SC Perbakin.

Unit Airsoftgun M4 CQB

Airsoftgun yaitu

* AIRSOFT GUN : Pistol/Senjata Angin`Lembut/Ringan …..Merupakan Replika Senjata Api Dengan Tenaga Pendorong Peluru Menggunakan Gas (Co2, Green Gas, Power Gas, HFC,dll), Spring atau Per, Ada juga Yang Menggunakan Tenaga Elektrik/Baterai….Dengan Peluru Bulat Kaliber 6 MM Yan! Dinamakan BB (Baby Bullet) Yang Biasanya Terbuat Dari Plastik, Kaca, Alumunium, Gotri Metal, Keramik, dll. Umumnya Airsoft Gun Mempunyai Power Atau Daya Tembak Kecepatan Peluru Antara 200 s/d 375 Fps (Feet Per Second)….Tergantung Jenis Gas Atau Propellant Dan Juga Tergantung Jenis Peluru Yang Dilontarkan. Tapi Umumnya Lintasan Peluru Dan Power Airsoft Gun Paling Stabil Bila Menggunakan BB Kaca. Ringan Namun Cukup Keras Dan Akurasi Cukup Baik Sampai Jarak 10-15 Meter, Masih Sanggup Memecahkan/Meretakkan Gelas/Botol Kaca.

Airgun yaitu
* AIR GUN : Pistol/Senjata Angin………………………..Merupakan Replika Senjata Api Dengan Tenaga Pendorong Peluru Menggunakan Udara/o2 dan Gas/Co2. Contoh Yang Menggunakan O2 adalah Senapan Angin Pompa Manual, PCP, Gejluk, dll…. Dengan Kecepatan Peluru Maksimum Sampai 1300 Fps. Sedangkan Yang Menggunakan Gas Co2 Mempunyai Kecepatan Peluru Maksimum 400-700an Fps. Umumnya Airgun Menggunakan Jenis-Jenis Peluru Seperti BB Gotri Baja ataupun Mimis/Pellets Kaliber 4,5 MM.
Airgun Yang Berkekuatan 550an Fps Saja Sudah Mampu Menembus Seng Atau Triplek Dengan Jarak Tembak 10-15 Meter, Apalagi Yang Berkekuatan 600 Fps/Lebih….

  • Airsoft — Menggunakan Peluru/BB berdiameter 6mm — Bisa berbahan kaca, alumunium dll asal 6mm
  • Airgun — Menggunakan Peluru/BB berdiameter 4,5mm bb atau mimis

Dari definisi tersebut memang keduanya dapat membahayakan dan dapat menjadi triger dari kejahatan. Tetapi semuanya balik lagi kepada moral dan etika dari masing-masing individu.

Bermain Airsoftgun saat ini untuk komunitas ataupun club selalu menganjurkan menggunakan BB 02. dengan batas FPS 420. Dimana anjuran ataupun aturan tersebut disepakati untuk membuat permainan ini lebih menyenangkan tanpa harus ada yang terluka terluka ataupun celaka. Bermain Airsoftgun hanya sebagai bentuk kesenangan tanpa harus menyakiti. Dikutip dari beberapa komunitas,”Hits tidak harus sakit!!!yang penting bisa ngakak bareng…hehehehe…